Jumat, 02 Januari 2015

Cara membuat lontong

Lontong adalah makanan yang tidak pernah ketinggalan pada saat hari lebaran, yang biasanya disajikan bersama Ayam Kentang Masak Santan, maupun opor ayam. Rasanya yang lembut dan dingin ketika dikunyah, memberikan sensasi rasa masakan tersendiri bagi penggemarnya. Membuat lontong umumnya adalah dengan menggunakan pembungkus daun pisang, namun cara tradisional ini cukup sulit dan membutuhkan pengalaman, karena seluruh langkah cara membuatnya harus pas. Jika tidak, maka lontong bungkus daun yang kita buat bisa tidak jadi, atau lembek dan mudah basi. Anda juga bisa membuat lontong dengan bungkus plastik , namun rasanya mungkin tak seindah yang menggunakan daun pisang. Tapi jangan khawatir, karena resep berikut dilengkapi trik yang akan menuntun Anda supaya bisa membuahkan hasil yang sempurna.

Cara membuat lontong daun pisang yang baik

Bahan :

  1. Daun pisang kepok atau klutuk yang cukupan, atau tidak terlalu tua atau muda. Kemudian jemur daun pisang atau di panaskan diatas api supaya agak layu, lap bersih, lalu potong-potong sesuai dengan ukuran lontong yang diinginkan, standarnya yaitu sekitar 30 x 20 cm
  2. Beras yang berkualitas baik dan pulen (takaran sesuai kebutuhan), rendam dalam air dingin selama 1 jam atau lebih.
  3. Lidi untuk menyemat, bisa membuat sendiri dari kulit bambu atau lidi daun kelapa.
  4. 1 lembar daun pandan atau secukupnya atau sesuai jumlah lontong
  5. Air panas dan dingin secukupnya

Cara membuat :

  1. Ambil dua lembar daun pisang, gulung menyerupai silinder dengan bagian bawah daun pisang berada didalam. Jika silender sudah dirasa cukup ukuran dan posisinya rata dan lurus, semat salah satu ujungnya dengan lidi. (buatlah beberapa sekaligus, sesuai kebutuhan)
  2. Isi silinder atau gulungan daun pisang yang sudah dibuat dengan beras yang sudah direndam dan tiris, dengan jumlah takaran setengah(1/2) gulungan. Semat ujung gulungan dengan lidi untuk menutupnya.
  3. Masukkan bakal lontong kedalam panci yang tinggi dengan posisi berdiri. Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri. Tambahkan air dingin sampai bakal lontong
  4. terendam dengan air seluruhnya. Masukkan selembar daun pandan.
  5. Rebus dengan api sedang. Setelah 2  jam direbus, tambahkan air panas sampai lontong terendam kembali seluruhnya.
  6. Rebus lontong sampai memadat dan kenyal. Angkat lontong dan ditiriskan dengan posisi berdiri dan diangin-anginkan supaya dingin. Kalau ada gunakan wadah tiris yang terbuat dari anyaman bambu, kalau tidak bisa menggunakan wadah plastik tiruan anyaman atau berlubang-lubang.
  7. Demikian resep cara membuat lontong daun pisang yang baik, sehingga hasilnya padat, kenyal, enak, beraroma daun pisang, dan tidak mudah basi.
    Sumber: http://resepcaramemasak.org/membuat-lontong-daun-pisang

Resep martabak manis

Resep Martabak Manis aka Terang Bulan dr Bandung.Cara cara membuat kue yg dipadu keju dari holland dan tepung bogasari, mau ukuran yg mini juga boleh, asalkan pembaca/anda siap bikin nya saja. Bunda / Pembaca / Sis akan menemukan di RESEP4 cara bikin kue martabak manis versi abang-abang tapi bukan Martabak telor yaaa. pokok nya silahkan baca sampe tuntas resep masakan yg nikmat ini. oh ya Ada juga tuhh martabak manis bangka disini. Nah silahkan pilih mana yg lebih cocok tuk para pembaca resep4.blogspot.com dirumah. 
Kami pengen menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar resep Martabak Manis yg secara online merekomendasikan menggunakan tepung terigu, tepung roti memberikan banyak 'chewier' tekstur yg lebih mirip dgn yang dijual di jalanan. Pengisian isi manis yang terjepit diantara cake ini secara tradisional terdiri dr susu kental, coklat, keju, kadang-kadang buah-buahan dan kacang yg tlah dihaluskan. tetapi dewasa ini, perubahan banyak terdapat di kue martabak yang memunculkan berbagai aneka rasa. Nah Tekstur yang baik atau bagus untuk Martabak harus tentunya lembut dan kenyal. Kami harap pembaca menikmati resep dan jugacara membuat Martabak manis kami!!!!, Terima kasih.

Bahan utama kue martabak :
  • 500 gram terigu,-merk segitiga biru
  • 600 ml air bersih
  • 1 sendok makan margarin cair,-dicairkan dulu
  • 2 butir telur,-dikocok lepas
  • 125 gram gula pasir,-yang manis
  • 1/2 sendok teh ragi instant,-merk apa saja
  • 1 sendok teh baking powder,-merek apa saja
  • 1/4 sendok teh pasta vanili,-merek apa saja
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Isi martabak :

> 100 gram keju cheddar,-merek apa saja
> 60 ml susu kental manis yg warna putih

Tata Cara Membuat Adonan Martabak Manis :
  1. + Pertama-tama anda Campurkanlah tepung terigu, gula pasir, ragi instant,telur, margarin cair, garam & juga pasta vanili secara bersama-sama.
  2. + Kemudian Tuangkanlah air bersih sedikit sedikit ke adonan kue martabak tadi sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata bgt.
  3. + Setelah itu Kocok adonan tadi menggunakan mixer dgn kecepatan sedang saja selama 5 menit.
  4. + Selanjutnya Masukkanlah Baking powder dan aduk-aduk rata lagi.
  5. + Langkah Terakhir diamkan adonan kue selama 40 menit dengan wadah tertutup.

Tata Cara Membuat Martabak Manis :

+ Pertama-tama Panaskanlah wajan lalu Olesi sedikit saja margarin supaya tak lengket
+ Kemudian Tuanglah adonan martabak ke dlm wajan, ratakan.Tunggulah sampai bergelembung di permukaan adonan lalu tutup.
+ Selanjutnya Tunggu sampai matang dan angkat.
+ Olesi permukaan kue martabak dgn margarin.
+ Anda Parut keju dan taburkan diatas martabak.
+ Sekarang Kucurkan susu kental manis di permukaan martabak.
+ Belahlah menjadi dua bagian dan lipat menjadi bentuk setengah lingkaran saja. sudah Selesai
Nahh kan Resep Martabak manis sudah kelar dengan selamat, tuk menyantap martabak manis sangat dianjurkan ketika masih panas atau hangat deh, kerena akan terasa enak (tidak enek dimulut) dan rasa keju nya sangat terasa. ohh iya ya untuk isian sebenarnya bisa saja bukan hanya keju, bisa ditambah kacang, pisang, kismis, coklat & lain-lain, seperti di si abang. yess Semoga Cara Membuat martabak manis ini dapat menambah ilmu kuliner anda, dadah.

Sumber: http://resep4.blogspot.com/2013/05/resep-martabak-manis.html

Kamis, 01 Januari 2015

Cara Membuat dan Tips Resep Cumi Goreng Tepung Renyah Crispy

Tips Membuat Resep Cumi Goreng Tepung. Buat teman teman yang hobi makan seafood, pasti sudah merasakan kelezatan cumi goreng tepung renyah yang crispy dan gurih. Tidak hanya untuk cemilan, cumi goreng atau juga dikenal dengan calamari ring tepung juga enak untuk teman makan nasi. Apalagi di tambah dengan saus mayonise atau saus sambal yang pedas, yummy pasti bikin kita ketagihan. Mengkin diantara kita pernah mengalami sendiri menggoreng cumi tetpai hasilnya lembek dan tidak renyah. Untuk itu, saya akan mengajak teman teman untuk membuat Resep Cumi Goreng Tepung dan memberikan sedikit tips cumi goreng tepung renyah.
Ada banyak sekali variasi masak cumi yang kita kenal, seperti cumi asam manis, resep cumi goreng tepung saus mentega atau cumi goreng saus asam manis. Mulai dari restauran yang cukup bonafid sampai warung kaki lima banyak kita jumpai dengan mudah penjual variasi masakan seafood ini. Ya, tidak hanya direbus, masak cumi bisa juga dengan di goreng crisp seperti ayam goreng. Tetapi memang mungkin tidak semua orang bisa membuatnya. Ada beberapa tips yang harus diketahu untuk bisa memasak cumi goreng tepung renyah yang enak dan gurih dengan sempurna.
Beberapa masalah yang ditemui dalam mengolah Resep Cumi Goreng Tepung cumi biasanya adalah bau amis dan hasil jadinya yang keras dan tidak bisa renyah. Hal ini sebenarnya wajar, mengingat karateristik hewan laut ini memang begitu. Selain pilihlah cumi yang segar dan tidak berbau amis, beri sedikit perasan jeruk nipis di atas cumi tersebet setelah dibersihkan. Untuk menjaga kesegaran dagingnya, sebaiknya cuci cumi menggunakan air dingin.
Daging cumi yang kenyal memang jadi salah satu faktor hasil gorengannya nanti menjadi keras. Untu itu, sebaiknya daging nya agak di empukkan terlebih daulu menggunakan bahan pengempuk daging atau bisa juga sedikit dipukul pukul (jangan terlalu keras karena bisa merusak tekstur dagingnya. Selain itu, daging cumi sebelum dimasak juga bisa di bekukan terlebih dahulu. Teman teman juga bisa merendamnya terlebih dahulu ke dalam susu sebelum digoreng selama kurang lebih 1 jam. Dalam proses membuat Resep Cumi Goreng Tepungnya, sebaiknya juga menggunakan minyak yang benar benar sudah panas dan jangan meggoreng terlalu banyak cumi dalam satu gorengan. Oke, untuk detail bahan bahan yang digunakan dan cara membuatnya silahkan melihat di bawah ya.

Bahan bahan Resep Cumi Goreng Tepung

  1. Daging cumi segar yang sudah dibersihkan dan dibuang tintanya sebanyak 750 gram. Pilih ukuran sedang dan potong dengan lebar sesuai selera (jangan terlalu lebar).
  2. Jeruk Nipis kurang lebih 2 buah ukuran besar. Ambil air perasannya kurang lebih 1 – 1,5 sendok makan.
  3. Telur ayam ukuran besar sebanyak 1 butir.
  4. Merica halus atau bubuk sebanyak setengah sendok kecil. Bisa dihilangkan apabila mau memasak untuk anak anak yang tidak suka pedas.
  5. Kaldu Ayam bubuk atau instan sebanyak kurang lebih satu sendok kecil.
  6. Tepung Terigu halus sebanyak 150 gram
  7. Garam dapur yang beryodium sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh.
  8. Jahe yang sudah dibersihkan dan diparut sebanyak setengah sendok kecil.
  9. Bawah putih lokal satu setengah pcs. Dikupas kulitnya dan diparut alus.
  10. Minyak Goreng secukupnya.

Cara Memasak dan Goreng Resep Cumi Goreng Tepung Spesial

  1. Cumi yang sudah dicuci bersih dipotong sesuai ukuran dan lebar yang diinginkan. Pastikan cumi sudah melalui tips untuk mengempukkan dagingnya diatas.
  2. Ambil satu wadah ukuran sedang. Lumuri daging cumi yang sudh dipotong dengan air perasan jeruk nipisnya. Aduk sampai rata dan pastikan semua bagian daginnya kena air jeruk nipisnya dan diamkan kurang lebih setengah jam.
  3. Ambil satu wadah lagi untuk adonan celupannya.
  4. Masukkan tepung terigu, garam dapur, merica, jahe, bawang putih dan kaldu ayamnya. Aduk dan campur semua bahan sampai tercampur rata.
  5. Masukkan telurnya dan aduk kembali sampai semua adonan benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  6. Masukkan cumi yang sudah dilumuri air jeruk nipis ke dalam campuran tepung diatas. Bolak balikkan sampai semua bagian cumi tertutup rata oleh adonan tepung.
  7. Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak. Panaskan dengan api sedang.
  8. Tunggu sampai minyak panas dan masukkan cumi tepung diatas. Jangan memasukkan terlalu banyak supaya matangnya merata.
  9. Bolak balik dan goreng kurang lebih sekitar 3 menit. Jangan terlalu lama supaya hasil jadi cumi goreng tepung tidak keras.
  10. Tiriskan sampai benar benar tiris sebelum disajikan.
Bagaimana menurut teman teman cara masak cumi goreng tepung di atas? Tidak terlalu sulitkan asal tahu rahasia dan tips membuat Resep cumi Goreng Tepung Renyah yang Enak dan Crispy. Cumi ini sebenarnya sudah enak untuk dimakan langsung, tetapi rasanya akan bertambah lezat apabila ditambah dengan mayonise atau saus sambal yang pedas. Apabila teman teman memang penggemar berat masakan Seafood, jangan lupa juga mencoba Resep Cumi Saus Padang Enak dan Resep Capcay Goreng Seafood.
Sumber: http://resepcaramemasak.info/cara-membuat-dan-tips-resep-cumi-goreng-tepung-renyah-crispy/

Profil Kompas.com

PROFIL

1998 - Sejarah Kompas.com

Kompas.com dimulai pada tahun 1995 dengan nama Kompas Online. Kompas Online pada awalnya hanya berperan sebagai edisi internet dari Harian Kompas. Kemudian tahun 1998 Kompas Online bertransformasi menjadi Kompas.com dengan berfokus pada pengembangan isi, desain, dan strategi pemasaran yang baru. Kompas.com pun memulai langkahnya sebagai portal berita terpercaya di Indonesia.

2008 - Kompas.com REBORN

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2008 Kompas.com tampil dengan perubahan penampilan yang signifikan. Mengusung ide “Reborn”, Kompas.com membawa logo, tata letak, hingga konsep baru di dalamnya. Menjadi lebih kaya, lebih segar, lebih elegan dan tentunya tetap mengedepankan unsur user-friendly dan advertiser-friendly.
Sinergi ini menjadikan Kompas.com sebagai sumber informasi lengkap, yang tidak hanya menghadirkan berita dalam bentuk teks, namun juga gambar, video, hingga live streaming. Perubahan ini pun mendorong bertambahnya pengunjung aktif Kompas.com di awal tahun 2008 yang mencapai 20 juta pembaca aktif per bulan, dan total 40 juta page views/impression per bulan. Saat ini, Kompas.com telah mencapai 120 juta page view perbulan.
Pada tahun tersebut juga mulai ditampilkan channel-channel atau kanal-kanal di halaman depan Kompas.com. Kanal-kanal ini didesain sesuai dengan tema berita dan membuat setiap pengelompokan berita memiliki karakter. Kanal-kanal tersebut antara lain adalah:

KOMPAS Female

Memuat informasi seputar dunia wanita: tips-tips seputar karier, kehamilan, trik keuangan serta informasi belanja.

KOMPAS Bola

Tempat akurat untuk mengetahui update skor, berita seputar tim dan pertandingan sepak bola.

KOMPAS Health

Berisi tips-tips dan artikel tentang kesehatan, informasi medis terbaru, beserta fitur informasi kesehatan interaktif.

KOMPAS Tekno

Mengulas gadget-gadget terbaru di pasaran, menampilkan review produk dan beragam berita teknologi.

KOMPAS Entertainment

Menyajikan berita-berita selebriti, ulasan film, musik dan hiburan dalam dan luar negeri.

KOMPAS Otomotif

Menampilkan berita-berita seputar kendaraan, trend mobil dan motor terbaru serta tips-tips merawat kendaraan.

KOMPAS Properti

Memuat direktori lengkap properti dan artikel tentang rumah, apartemen serta tempat tinggal.

KOMPAS Images

Menyajikan foto-foto berita berkualitas dalam resolusi tinggi hasil pilihan editor foto KOMPAS.com.

KOMPAS Karier

Kanal yang tak hanya berfungsi sebagai direktori lowongan kerja, namun juga sebagai one-stop career solution bagi para pencari kerja maupun karyawan.
KOMPAS.com juga telah menciptakan komunitas menulis dengan konsep citizen journalism dalam Kompasiana. Setiap anggota Kompasiana dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video. Kompasiana juga melibatkan kalangan jurnalis Kompas Gramedia dan para tokoh masyarakat, pengamat serta pakar dari berbagai bidang, keahlian dan disiplin ilmu untuk ikut berbagi informasi, pendapat dan gagasan. Kompasiana, yang setiap hari melahirkan 300 hingga 400 tulisan telah berhasil membangun komunitas jurnalisme warga yang mencapai 50.000 anggota.
Sebagai portal berita yang mengikuti perkembangan teknologi terkini, kini selain bisa diakses melalui handphone atau dapat diunduh sebagai aplikasi gratis di smartphone BlackBerry, KOMPAS.com juga tampil dalam format iPad dan akan terus tumbuh mengikuti teknologi yang ada.

2013 - Desain dan Fitur Baru

Pada tahun 2013, Kompas.com kembali melakukan perubahan yaitu, tampilan halaman yang lebih rapi dan bersih serta fitur baru yang lebih personal.
Setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan berita yang berbeda. Kompas.com mencoba memahami kebutuhan pembaca yang beragam dengan menghadirkan fitur Personalisasi. Jadi, pembaca dapat dengan mudah memilih sendiri berita apa yang ingin mereka baca.

Sumber : http://inside.kompas.com/about-us

Tentang LAZADA Indonesia

Tentang Kami

Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Kami memberikan Anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke situs Lazada.
Dengan fasilitas pre-order, Anda akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang Anda inginkan. Dapatkan pula berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk Anda. Informasi mengenai segala produk yang Anda inginkan juga bisa Anda dapatkan dengan mudah di website kami untuk kenyamanan Anda berbelanja.
Produk pesanan akan kami antar ke rumah Anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui kartu kredit, transfer antarbank, dan bayar di tempat (Cash on Delivery), kami menawarkan metode pembayaran yang pastinya mudah dan aman demi kenyamanan Anda berbelanja.

Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain :
1.      Kami menyediakan produk premium dengan sepuluh kategori: Elektronik, Buku, Telepon Seluler, Komputer, Perlengkapan Rumah Tangga, Mainan dan Peralatan Anak- Anak, Kosmetik dan Kesehatan, Tas & Koper, Olahraga dan Otomotif, & Musik dan Instrumen. LAZADA menyediakan segala produk yang anda butuhkan di tiap kategorinya. Untuk produk elektronik, LAZADA menyediakansmartphones, televisi, pemutar video hingga berbagai aksesoris untuk melengkapi peralatan elektronik Anda.
Percantik rumah Anda dengan ornamen hias cantik dan peralatan rumah tangga terbaik dari LAZADA. Kami menawarkan berbagai pilihan perawatan rumah dari pencahayaan, peralatan dapur, furniture, aksesoris rumah, dan peralatan perawatan rumah Anda. Jadikan rumah Anda senantiasa indah dengan produk- produk terbaru dari LAZADA.
Tak hanya memenuhi kebutuhan rumah, LAZADA juga menjawab kebutuhan aktivitas luar ruangan Anda. Ingin traveling saat liburan? Temukan produk- produk kesayangan Anda seperti tas, koper, dan ransel yang dapat menambah serunya pengalaman liburan Anda.
Penuhi kebutuhan buah hati Anda dengan berbagai macam produk yang kami tawarkan. LAZADA menawarkan segala produk untuk kebutuhan bayi dan anak- anak mulai dari susu, mainan, dan furniture anak-anak. Manjakan pula diri Anda dengan beragam produk kecantikan seperti kosmetik dan perawatan kulit dan kesehatan yang aman dan terpercaya. Jadikan selalu LAZADA mitra utama kehidupan Anda.
2.      Kami menawarkan discount dan harga yang menarik. Hanya di Lazada kami menyediakan berbagai produk dengan harga spesial. Kami menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan retailer lainnya.
3.      Lazada Indonesia sebagai pusat belanja online terlengkap dan terpercaya di Indonesia dengan kemudahan gratis ongkos kirim. Kurir profesional dan eksklusif kami akan mengantar barang pesanan Anda dengan cepat dan aman.
4.      Kami juga menyediakan pembayaran dengan uang tunai sehingga Anda dapat melakukan pembayaran saat barang Anda terima

Lazada Merupakan Bagian Dari Rocket Internet GmbH, Incubator Terbesar di Dunia

Lazada Indonesia merupakan bagian dari inkubator terbesar di Dunia Rocket Internet. Bebera venture rocket di Indonesia antara lain: Zalora, Foodpanda, PricePandaLamudiCarmudi dan Lamido

Sumber: http://www.lazada.co.id/about/

Apa itu JKT48?

Kami ingin menciptakan tempat bagi para perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian mereka. Bersama para penggemar, kami ingin membuat satu-satunya “Idola Orisinil Indonesia“. Inilah inspirasi utama kami meluncurkan JKT48.
Seluruh anggota JKT48 akan berjuang untuk menggapai tujuan mereka menjadi idola sesungguhnya. Untuk itu, mereka akan berdedikasi tinggi terhadap kegiatan mereka. Tidak hanya menyanyi dan menari, namun juga bakat atau penampilan lainnya. Ayo, datang dan saksikan para anggota berjuang keras mewujudkan mimpi mereka. AKB48 dapat sukses karena tumbuh “bersama“ para penggemar sehingga mereka dapat mencapai posisi seperti saat ini. Kami ingin JKT48 mengikuti jejak AKB48 untuk menjadi grup idola yang dekat dengan para penggemarnya dan juga menjalin hubungan yang erat dengan mereka. Kami percaya bahwa dukungan dari para penggemar akan membawa JKT48 ke tingkat yang lebih tinggi, dimulai dari grup idola yang berbasis di Jakarta hingga menjadi dikenal di seluruh dunia.
Sumber: http://jkt48.com/about/jkt48?lang=id

Contoh Perusahaan yang Menggunakan Teknologi Informasi

Dalam page kali ini saya akan membahas sedikit mengenai suatu perusahaan berbasis teknologi informatika dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkom. Tetapi saya akan membahas bukan hanya pada perusahaan telkomnya tetapi pada Sigma dan Telkomvision dimana kedua perusahaan tersebut adalah anak perusahaan dari PT Telkom. Berikut sedikit mengenai informasi yang saya ketahui:
A.  SIGMA
            PT Sigma Cipta Caraka (SIGMA) merupakan perusahaan penyedia layanan pendukung bisnis berbasis teknologi informasi dan komunikasi terdepan yang sudah berkiprah lebih dari 20 tahun di Indonesia. SIGMA memiliki komitmen untuk memberikan manfaat teknologi pada sector bisnis dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan solusi IT untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan organisasi perusahaan mereka. SIGMA telah menjadi perusahaan pemrakarsa dalam pengembangan IT serta penyedia layanan operasional dan maintance bagi berbagai macam jenis industri baik didalam maupun luar negeri. SIGMA menawarkan layanan berbasis IT yang bervariasi, mulai dari layanan konsultan, produk software, aplikasi, layanan pengembangan software serta operasi pusat data diperbankan (baik yang berbasis konvensional maupun sharia), sector keuangan, telekomunikasi, manufaktur serta distribusi.
            Produk dan layanan yang disediakan SIGMA sudah diimplementasikan di lebih dari 150 perusahaan dari berbagai macam industri di Indonesia dan juga telah menjangkau lembaga multi-finance dengan penanganan yang sama-sama diprioritaskan. Diawal tahun 2008, SIGMA secara resmi menjadi salah satu anak perusahaan TELKOM, sebuah perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. 
            Dengan eksistensi yang sudah lebih dari 20 tahun dalam memberikan maupun menginovasikan layanan berbasis IT, SIGMA juga telah melebarkan sayapnya ke mancanegara melalui berbagai produk dan layanan yang ditawarkan SIGMA.



·          Mitra Strategis
            Saat ini, era  konvergensi menjadi hal yang penting dalam dunia IT. Hal ini turut mempengaruhi kinerja perusahaan dalam perluasan bisnisnya, dan salah satu faktor yang menentukan agar bisa bertahan dalam persaingan bisnis dan juga memperluasnya, setiap perusahaan harus bisa membina hubungan yang erat dengan mitranya. Membina hubungan yang kuat membutuhkan kepercayaan dan kejujuran dari keduanya. SIGMA berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Anda dengan selalu belajar dan tumbuh sejalan dengan bisnis Anda yang sedang berkembang. Berikut adalah beberapa perusahaan yang memiliki mitra bisnis dengan SIGMA:
·          ORACLE


·         QNSSOLUTION


·         IBM

·         MICROSOFT

B. Telkomvision
            TelkomVision merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang Jasa Penyiaran TV berbayar dengan memiliki izin penyelenggara siaran berbasis kabel dan satelit. Untuk layanan berbasis kabel cakupan telah tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan beberapa kota besar lainnya. Untuk yang berbasis satelit atau DTH ( Direct to Home ) cakupan mencapai siaran seluruh wilayah Indonesia yang ter- cover dalam jaringan Satelit Telkom-1.
            TelkomVision didirikan pada tanggal 7 Mei 1997 dan hingga tahun 2008 telah mengalami beberapa kali perubahan baik dari susunan pengurus perseroan maupun kepemilikan saham.
            Pada bulan Agustus 2008, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. melalui anak perusahaannya PT. Multimedia Nusantara mengambil alih saham TelkomVision dari Datakom Asia sehingga komposisi kepemilikan saham TelkomVision telah seluruhnya dimiliki oleh TPT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

            TelkomVision dalam perkembangan bisnisnya meluncurkan produk unggulannya, yaitu yestv, TV berbayar dengan dua metode pembayaran yakni layanan pra bayar dengan sistem voucher dan layanan dengan sistem abonemen atau berbayar bulanan. Produk layanan DTH (Direct to Home) Pra-bayar merupakan penggerak awal layanan TV pra bayar pertama di Indonesia sejak 2007.Sistem Pra Bayar tersebut memungkinkan pelanggan memiliki keleluasaan menikmati tayangan berlangganan sesuai dengan pilihan dan harga tanpa harus membayar bulanan. Bagi pelanggan yang memilih untuk berlangganan dengan system abonemen dapat memilih berbagai paket basic dan paket minipacks dengan pilihan channel menarik. TelkomVision menghadirkan 80 channel  lokal dan mancanegara dengan kualitas gambar yang jernih dan lebih stabil terhadap gangguan cuaca.
            Dengan berkembangnya industri multimedia dan jasa telekomunikasi maka TelkomVision bersama TELKOM Group terus mengembangkan produk baru antara lain IPTV (Internet Protokol Television), dengan produk Groovia TV. Pengembangan produk ini merupakan wujud komitmen TelkomVision dalam memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat seiring kemajuan teknologi untuk menjadi pemain utama dan terbesar dalam bidang multimedia dan jasa televisi berbayar di wilayah Asia.



1. Tata Kelola Perusahaan
            Konsep penerapan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik (“Good Corporate Governance” atau “GCG”) dalam organisasi Perusahaan berlandaskan pada komitmen untuk menciptakan Perusahaan yang transparan, akuntabel, dan terpercaya melalui manajemen bisnis yang dapat dipertanggung jawabkan. Penerapan praktik-praktik GCG merupakan salah satu langkah penting bagi TELKOM untuk meningkatkan dan memaksimalkan nilai Perusahaan, mendorong pengelolaan Perusahaan yang profesional, transparan dan efisien dengan cara meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dapat dipercaya, bertanggungjawab dan adil sehingga dapat memenuhi kewajiban secara baik kepada Pemegang Saham, Dewan Komisaris, mitra bisnis serta pemangku kepentingan. Lebih lanjut, Dewan Komisaris, Direksi, manajemen dan karyawan berkomitmen untuk menerapkan praktekpraktek GCG dalam pengelolaan kegiatan usaha TELKOM. Kesadaran akan pentingnya GCG bagi TELKOM adalah karena keinginan untuk menegakkan integritas dalam menjalankan bisnis yang sehat dan berkesinambungan. Bagi kami, komitmen terhadap penerapan instrumen ini tidak hanya mewakili kewajiban untuk mematuhi peraturan yang berlaku di pasar modal namun diyakini sebagai kunci sukses dalam upaya pencapaian kinerja usaha yang efektif, efisien serta berkelanjutan yang sangat diperlukan dalam memenangi persaingan pasar. Selama 2010, sebagai langkah implementasi kebijakan transformasi TELKOM di bidang GCG, kami melalui sub-Direktorat Business Effectiveness telah melakukan desain ulang proses dalam rangka penyelarasan dengan perubahan bisnis Perusahaan. Pelaksanaannya bahkan menjadi bagian dari budaya Perusahaan sehingga tercermin pada sikap dan tingkah laku sehari-hari tidak hanya di tingkatan Komisaris, Direksi dan manajemen namun hingga ke tingkatan karyawan agar tercipta keselarasan guna mencapai visi, misi dan tujuan Perusahaan yang akan melindungi kepentingan para pemegang saham dan pemangku kepentingan dalam jangka panjang. Kami juga mengkomunikasikan dan melakukan sosialisasi, pelatihan serta memetakan akuntabilitas dan tanggung jawab untuk memastikan setiap karyawan memahami dan mengetahui tugas, fungsi dan tanggung jawabnya sesuai perubahan bisnis dan organisasi dalam Perusahaan. TELKOM berusaha keras menjadi pemimpin dalam tata kelola Perusahaan diantara perusahaan-perusahaan di Indonesia dan telah memenangkan beberapa penghargaan prestisius terkait Tata Kelola Perusahaan yang baik. Selain itu, sebagai Perusahaan publik yang patuh pada peraturan otoritas pasar modal, baik Bapepam-LK maupun SEC, TELKOM menerapkan dan menjunjung tinggi kebijakan serta nilai-nilai yang terkandung dalam praktik tata kelola Perusahaan. Konsistensi dalam penerapannya mengacu pada Praktik-praktik Terbaik Internasional serta Pedoman Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan Indonesia yang dikeluarkan oleh Komite Nasional Kebijakan Governance (“KNKG”) di Indonesia. Sebagai Perusahaan yang sahamnya terdaftar berdasarkan Section 12 Exchange Act di SEC, TELKOM berkewajiban untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang dimuat dalam Sarbanes Oxley Act Tahun 2002 (“SOA”) serta peraturan yang masih berlaku lainnya. Peraturan ketentuan dalam SOA yang relevan dengan bisnis TELKOM di antaranya:
·                         SOA Seksi 404 yang mensyaratkan manajemen TELKOM untuk ber tanggung jawab atas dilakukannya dan dipeliharanya pengendalian internal terhadap pelaporan keuangan yang memadai sehingga memastikan kehandalan pelaporan keuangan TELKOM dan persiapan penerbitan laporan keuangan yang selaras dengan PSAK. Sejauh ini TELKOM beserta anak Perusahaan telah berkomitmen untuk melakukan kajian dan audit menyeluruh untuk menjamin rancangan dan implementasi ICOFR yang efektif dan terintegrasi dalam laporan keuangan Perusahaan.

·                         SOA Seksi 302 yang menghendaki tanggung jawab dari pihak manajemen TELKOM terhadap pembuatan, pemeliharaan dan evaluasi terhadap efektivitas prosedur dan pengendalian pengungkapan untuk memastikan kesesuaian informasi yang diungkapkan dalam laporan dengan Exchange Act dan telah dicatat, diproses dirangkum dan dilaporkan dalam periode waktu yang tersedia untuk kemudian diakumulasikan dan dikomunikasikan kepada manajemen Perusahaan, termasuk Direktur Utama dan Direktur Keuangan, untuk kepentingan pengambilan keputusan terkait dengan pengungkapan yang diperlukan. Penjelasan lebih lanjut mengenai hasil kajian manajemen terhadap prosedur dan pengendalian pengungkapan ICOFR dan pengungkapan terkait dapat dilihat pada seksi “Prosedur dan Pengendalian”. Kami juga mematuhi dan tunduk terhadap ketentuan yang berlaku di Bapepam-LK dan NYSE mengenai independensi anggota Komite Audit. 
Itulah tata kelola perusahaan yang dilakukan oleh PT TELKOM kita bisa melihat bahwa konsep yang diterapkan oleh PT TELKOM yaitu Tata Kelola Perusahaan yang baik (“Good Corporate Governance” atau “GCG”) dalam organisasi Perusahaan berlandaskan pada komitmen untuk menciptakan Perusahaan yang transparan, akuntabel, dan terpercaya melalui manajemen bisnis yang dapat dipertanggung jawabkan. Mencerminkan bahwa TELKOM sebagai perusahaan swasta terbesar di Indonesia ingin menciptakan suatu perusahaan dimana perusahaan tersebut nantinya akan berkembang menjadi perusahaan yang besar,transparan dan dapat menjadi tempat untuk berinvestasi yang baik nantinya juga dapat menjadi wadah sosial dan dapat bermanfaat meningkatkan kualitas hidup dan ikut berperan dalam memelihara lingkungan sekitar . Hal ini juga dapat dilihat dari visi dan misi PT TELKOM itu sendiri yaitu:
Visi:
Untuk menjadi pelopor dalam penerapan tanggung jawab sosial perusahaan di Asia

Misi:
Mengambil peran aktif dalam menciptakan masyarakat yang lebih cerdas melalui pendidikan teknologi InfoComm;
Mengambil peran aktif dalam meningkatkan kualitas hidup dalam kehidupan masyarakat;
Mengambil peran aktif dalam memelihara keseimbangan alam. 
 2. Open Recrutmen
3. Tanggung Jawab Sosial
Dalam hakikatnya perusahaan pasti memiliki suatu tanggung jawab baik tanggung jawab kepada konsumen maupun tanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya begitupun yang dilakukan oleh TELKOM GROUP. Banyak sekali kegiataan yang telah dilakukan oleh TELKOM GROUP sebagai tanggung jawab sosial terhadap lingkungan baik itu kepada alam ataupun masyarakat sekitarnya berikut berbagai kegiataan yang telah dilakukan:
A. CSR Telkom KTI implementasikan CSR Go Green Action di Maros
MAKASSAR, 13 SEPTEMBER 2012,
            Keprihatinan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Maros atas masih minimnya areal hutan bakau di kawasan perairan pantai Maros mendapat respon dari Community Development Area (CDA) 7 Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang dikomandani Srikandi CSR KTI Hartati Muchlisi. Dengan menggandeng Yayasan Desa Sejahtera Indonesia (YDSI), CD Area-7 KTI mengalokasikan 50.000 bibit pohon bakau senilai Rp. 25,- juta, melalui program Go Green Action untuk beberapa titik kritis di bentangan pantai Panaikang Maros, Sulawesi Selatan Kamis (13/9), disaksikan Camat Bontoa Andi David, S.STP, MSi, Kapolres Maros AKBP. Ferdinan Pasaribu, SIK, SH, MH, Dandim 1422 Maros Letkol. Arh. Kunto Ridarto, Kepala Dishutbun Maros dan Kepala Dinas Perikanan & Kelautan Maros Abdul Rachman, sedangkan dari Telkom hadir Officer CDSA Makassar Syarifudin, dan Purwanto.
            Telkom Go Green Action merupakan penyikapan Telkom terhadap kondisi lingkungan di kawasan Kabupaten Maros, yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk bidang pelestarian lingkungan alam, Action ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkunag (TJSL) Telkom melalui pengembangan Corporate Social Responsibility (CSR), kata Hartati lewat sambutannya. Lebih jauh dia menjelaskan bahwa  bahwa semestinya kita bisa berbangga diri menjadi negara dengan luas kawasan hutan mangrove terluas di dunia, meski hanya memiliki hutan bakau seluas 3,062,300 ha, luas hutan bakau di Indonesia mencapai 19% dari total hutan bakau di seluruh dunia. Ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan luas hutan bakau paling luas di dunia melebihi Australia (10%) dan Brazil (7%).
            Sayangnya Rekor alam Indonesia tersebut diikuti pula dengan rekor kerusakan hutan bakau terbesar, dari tahun ke tahun luas hutan mangrove Indonesia menurun drastis. bahkan berdasarkan data, hutan mangrove yang telah ter-deforestasi sehingga dalam kondisi rusak berat mencapai 42%, rusak mencapai 29%, kondisi baik sebanyak < 23% dan hanya 6% saja yang kondisinya sangat baik.
            Apa yang Telkom lakukan saat ini, merupakan realisasi dari kerja sama antara Telkom dengan Pemda Maros, di bidang lingkungan hidup, yang teknis pelaksanaannya dilakukan oleh CD Area-7 Telkom KTI, untuk turut menjaga kestabilan garis pantai, mencegah abrasi sekaligus menciptakan perisai bagi angina laut yang ke darat dan secara ekonomis mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi warga masyarakat di sekitarnya.
            Sementara Kadis Perikanan dan Kelautan Maros, Abdul Rahman, memberi apresiasi kepada Telkom KTI dengan jajarannya yang senantiasa peka dan peduli terhadap kehidupan dan lingkungan yang berkelanjutan (sustainable), menurut dia, dengan kegiatan ini Telkom bisa membantu masyarakat dengan menjaga ekosistem pesisir pantai, guna menghindari abrasi laut dan terjangan ombak, sehingga kehidupan warga dapat terjaga. Telkom Go Green Action mendapat perhatian khusus berbagai kalangan, baik Instansi pemerintah, BUMN, maupun pihak swasta, dan tokoh pendidikan setempat, Ketua Yayasan Raoda Turassidin DDI Cambalagi, Rusdi, berserta puluhan muridnya dalam membantu penanaman bakau.



B. CSR pemberdayaan ekonomi mikro bernuansa “Natural” dari Telkom
JAKARTA, 27 SEPTEMBER 2012,
            Wakil Presiden Boediono secara resmi membuka perhelatan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Expo dan Award 2012. Acara ini berlangsung di Jakarta Convention Center mulai 27 September hingga 30 September 2012, melibatkan tidak kurang dari 270 stand perusahaan, 197 diantaranya merupakan stand partisipasi BUMN.
            Tahun ini, acara GKPM memiliki keistimewaan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika fokus kegiatan tahun-tahun sebelumnya adalah membina masyarakat untuk menghasilkan produk yang layak jual dengan bahan baku yang tersedia dilingkungan usaha para pelaku Usaha Mikro Kecil, GKPM tahun ini mengambil tema “Membangun Kemitraan Usaha dan Kreativitas Masyarakat” diproyeksikan untuk memperkuat jejaring kemitraan sehingga perluasan dan penguatan pelaku usaha mikro kecil untuk mendukung program Millenium Development Goal’s (MDG's).
            GKPM kali ini mewadahi peran serta pemerintah pusat, daerah, universitas, korporasi, LSM dan masyarakat seluruh indonesia untuk bertemu dan bekerjasama dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Ajang ini sekaligus sarana komunikatif dan komprehensif dalam bentuk pameran dan forum untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan serta kreativitas.
            Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) telah menjadi satu model pelaksanaan program pengentasan kemiskinan yang baik dan siap diaplikasi di negara-negara berkembang lain. Wakil Presiden Boediono meminta agar kalangan swasta meniru PNPM dalam memanfaatkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL atau dikenal dengan Corporate Social Responsibility, CSR) karena tingkat kesuksesannya yang tinggi.  Boediono juga banyak menyanjung pelaksanaan program PNPM yang dinilainya berhasil. Ia menyampaikan penghargaan pada semua pihak yang menyelenggarakan PNPM, baik pelaku maupun pemerintah daerah dan semua yang terlibat di lapangan. Ia menghimbau pada rekan-rekan dunia usaha, agar menggunakan dana CSR sebanyak mungkin untuk program-program serupa PNPM. Ia mengetahui bahwa ada dana yang bisa dimanfaatkan, baik kalangan swasta maupun BUMN, untuk pemberdayaan masyarakat. “Saya anjurkan model PNPM bisa direplikasi karena tingkat keberhasilannya tinggi” kata Wapres.
Telkom melalui Community Development (CD) Area-2 Jakarta-Banten  memasangkan produk Jamu herbal garapan Apoteker Senior Hj. Sriana Azis dari Bekasi dan Health drink olahan Susan Silvia Gretz dari Bogor sedangkan CD Area-3 Jawa Barat mempercayakan Nurkosim untuk menggelar produk Obat herbal berlabel Ganesha Herbal dari Bandung.       


Itulah sedikit informasi mengenai perusahaan berbasis teknologi informatika, baik itu mengenai visi dan misi ataupun perusahaan itu sendiri. Mudah-mudahan informasi dalam page blog saya kali ini dapat bermanfaat dan oleh pembaca. Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
           
 Sunber: http://hidupbahagiatanpacinta.blogspot.com/2012/10/perusahaan-berbasis-teknologi.html

Strategi Mendapatkan Proyek Melalui Tender Proposal Tender

Pernah ikut tender atau punya rencana untuk mengikuti lelang proyek? bagaimana agar kita bisa terpilih menjadi pemenang? disini kita bahas cara menang tender pengadaan barang dan jasa sehingga bisa menjadi pemenang dan berhak mengerjakan proyek yang sedang dilelang. Nilai tender bervariasi dari mulai yang kecil sampai besar seringkali di adakan oleh instansi pemerintah maupun swasta.
Banyaknya peserta tender yang ikut berjuang agar menjadi pemenang membuat kita perlu melakuakn cara dan inovasi terbaik agar bisa menang tender. berbagai macam persaingan muncul dalam proses pelaksanaan tender namun hendaknya kita tetap menggunakan cara yang baik dan halal. panitia lelang pengadaan barang dan jasa akan memilih perusahaan entah itu arsitek atau kontraktor yang memenuhi persyaratan tender. Nah.. disini kita uraikan beberapa cara dan strategi agar bisa memenangi tender.

Cara menang tender pengadaan barang dan jasa
  1. Kita siapkan terlebih dahulu perusahaan yang hendak digunakan untuk mengikuti tender, entah itu berbentuk PT atau CV karena peraturan pemerintah mensyaratkan peserta tender harus berbentuk badan hukum bukan perorangan.
  2. Kita urus juga berbagai macam dokumen syarat tender seperti Nomor pokok wajib pajak ( NPWP ), Surat izin usaha perdagangan (SIUP), Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) dan untuk tender proyek bangunan biasanya ada persayaratan tambahan seperti Izin usaha jasa kobstruksi (IUJK) dan dokumen lainya dapat dibaca dan dipelajari pada masing-masing pengumuman lelang.
  3. Mencari tahu sebanyak mungkin berita tender, bisa didapat dari koran, website atau LPSE sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronik masing-masing wilayah kabupaten atau kota di Indonesia, informasi tender juga bisa didapat dari panitia lelang pada instansi yang mengadakan lelang.
  4. Baca dan periksa dengan teliti apa saja persyaratan yang harus disediakan seperti berkas-berkas atau surat-surat yang harus ada dalam pengajuan tender.
  5. Ikuti dengan disiplin jadwal tender yang disediakan, melakukan lebih awal atau terlambat bisa menjadi penyebab kegagalan menjadi pemenang tender.
  6. Bermainlah dengan jujur tanpa melakukan kecurangan seperti bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih menjadi pemenang, proyek banyak jika didapat dengan cara haram maka tidak akan mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan dan ketenangan hidup, sebaliknya biarpun dapat proyek sedikit jika itu dengan jalan halal maka lebih berkah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan.
  7. Hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti mengancam peserta lelang lain, atau mengancam panitia tender agar dipilih menjadi pemenang. sebagai peserta tender kita dalam posisi sebagai peminta, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bertingkah laku terbaik agar jikalau terpilih menjadi pemenang tetap didapat dengan cara yang baik.
  8. Ajukan harga penawaran dibawah dan mendekati harga tender, mengajukan harga lebih tingi maka kita akan kalah dengan peserta yang mau menawarkan harga lebih murah. namun menawarkan harga terlalu murah juga tidak baik karena kita bisa dianggap akan melakukan pengurangi spesifikasi dan kualitas barang untuk mendapatkan harga termurah.
  9. Jaga hubungan baik dengan suplier dan pedagang barang atau jasa, dengan begini maka kita tetap dapat memberikan pekerjaan sesuai dengan persyaratan tender.
  10. Jika kita terpilih menjadi pemenang tender maka mengerjakan sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, dengan begini tentu kita sudah mendapat nama baik dan punya potensi besar untuk menang tender proyek berikutnya.

Cara-cara lain dapat dilakukan selama itu jalan halal, dan bagi yang sudah pengalaman dalam mengikuti tender pengadaan barang dan jasa entah itu berhasil menang atau kalah mohon untuk bersedia berbagai tips disini, agar teman-teman kita yang lain juga bisa belajar untuk bisa menang tender

Sumber: http://www.ilmusipil.com/cara-menang-tender-pengadaan-barang-dan-jasa