Senin, 22 Oktober 2012

Menganalisa fitur-fitur dari aplikasi new media (google+)

Google+ adalah suatu jejaring social yang dikeluarkan Google dan sampai saat ini masih berstatus beta. Google+ ini hampir sama dengan facebook tapi memiliki fitur yang lebih komplit menurut saya. Fitur-fitur apa saja yang ada di Google+ ?Google plusFitur-fitur itu diantaranya :
  1. Circles
    Fitur circles ini membuat sobat anda dapat menambahkan teman dan mengelompokkannya berdasarkan kesamaan hobi atau lainnya. Perbedaan utama circles dengan daftar teman facebook adalah sobat dapat mengatur untuk memperlihatkan atau menyembunyikan posting sobat kepada kelompok teman tertentu sehingga dapat memberikan keleluasaan kepada sobat untuk mengatur kepada siapa sobat hendak memperlihatkan status atau posting. Dengan circle sobat dapat berteman dengan siapa saja tanpa menunggu konformasi, namun jika sobat ingin melihat posting orang yang sobat ajak berteman, orang yang bersangkutan harus memasukkan sobat pada circlenya.
  2. +1
    +1 adalah fitur di Google+ yang fungsinya serupa dengan fungsi like di facebook.
  3. Huddle
    Fitur Huddle berfungsi untuk dapat menuliskan pesan instan ke Group Teman
  4. Private Message
    Fungsinya untuk mengirimkan private message dengan cara menulis status pada stream dan atur agar dapat di lihat oleh satu orang saja.
  5. Photos dan video sharing
    Unggah foto dan edit langsung sebelum dibagikan namun fitur ini masih versi percobaan jadi belum berfungsi. Sedangkan untuk mengunggah video sobat dapat memilih berkas video dari hardisk atau memasukkan alamat tautan dari youtube.
  6. Hangouts
    Dengan fitur hangouts ini sobat dapat memulai obrolan dengan group baik dengan obrolan teks maupun obrolan video.
  7. Sparks
    Fitur sparks memudahkan sobat untuk mendapatkan kabar berita (feed) dari internet sesuai dengan minat atau hobi yang di pilih.
  8. Verifed Name
    Fitur ini untuk sementara hanya untuk kalangan publik figur, selebritis dan pengguna Google+ yang di-circle banyak orang. Bukan tidak mungkin anda mendapatkan fitur Verified Name ini, jika anda memiliki circle yang sangat luas maka Google+ akan segera menyertakan fitur ini pada halaman profil Google+ anda.
  9. Fitur HD video Chat
    Anda akan menyukai fitur Hangout ini, dengan fitur ini memungkinkan anda melakukan tatap muka dan berbincang dengan teman anda paling tidak sebanyak 10 teman yang terdapat dalam circle anda. Lewat fitur ini bukan hanya standard definition dari video yang bisa anda dapatkan jika koneksi internet anda cukup kencang bukan tidak mungkin anda akan mendapat video chat dengan kualitas High Definition.
    Caranya: Pada halaman Google+ Home terdapat pilihan chat pada sisi kiri sidebar. Arahkan mouse anda pada Chat Option anda kemudian akan melihat segitiga terbalik akan muncul, klik dan masuk ke bagian setting. Selanjutnya melalui pop up anda akan diberikan pilihan Enable high-resolution video.
  10. Format text untuk mengupdate status
    Mungkin ada sebagian dari anda belum tahu bahwa anda dapat melakukan variasi teks pada saat anda akan mengetikkan sesuatu untuk memperbarui status Google+ anda.
    caranya:
    Tambahkan pada awal dan akhir text dengan asterik (*) untuk mempertebal text (misal :*helo*)
    Untuk strikethrough (garis tengah) tambahkan garis penghubung pada awal dan akhir text (misal : -helo- )
    Tambahkan underscore (garis bawah) pada awal dan akhir text untuk memiringkan text (misal : _helo_ )
  11. Dapatkan notifikasi Google+ melalui Mobile Phone anda Caranya: Klik pada setting ikon pada pojok kanan atas layar dan pilih Google+ setting. Pada tab Google+ atur preferensi pengiriman. Pada preferensi anda dapat melihat dimana update akan dikirimkan melalui email. Nah anda dapat mengubahnya melalu mobile phone dari sana. Anda juga dapat memilih bagaimana update dikirimkan melalui sms atau email.
  12. Hubungkan Google+ anda dengan akun Social Network yang lain.
    Fitur ini memfasilitasi agar pengguna Google+ yang lain dapat mengetahui tentang social network lain yang anda miliki, bisa jadi Twitter, Facebook , LinkedIn, Hotmail, Plaxo, yahoo, Flickr dan lain-lain bisa anda tambahkan disini. Caranya : Anda cukup masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan kemudian klik pada Google+ Settings. Kemudian pilih Connected Accounts, lalu setting akun social network anda yang lain.
  13. Google+ data back up
    Google menyediakan fasilitas data back up bagi anda seperti foto-foto, informasi profil, daftar kontak, Foto Stream. Fasilitas ini akan cukup berguna jika terjadi sesuatu misalnya kehilangan akun Google+ anda.
    Caranya: Masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan klik Google+ Settings, pilih Data Liberation.
  14. Ubah tampilan bahasa Google+
    Google menyediakan bahasa tampilan bagi bahasa dimana anda berasal, meski fasilitas ini masih belum bisa mengcover keseluruhan bahasa di dunia namun sudah terdapat beberapa bahasa semacam Hindi , Arabic, Greek,Chinese. Caranya :
    Masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan klik Google+ Settings, pilih Language.
  15. Menggunakan beberapa akun pada satu browser yang sama.
    Fasilitas ini sangat cocok bagi anda yang memiliki akun Google+ lebih dari satu, misalkan anda mempunyai satu akun Google+ milik pribadi dan yang lainnya akun untuk produk anda. Kini anda dapat melakukan perpindahan antar akun dengan sangat nyaman. Caranya : Masuk ke setting pada pojok kanan atas dari halaman Google+ dan klik Account Setting, Klik Account Overview >> mutiple sign-in >> edit.
Sumber:
http://www.ucupers.com/seputar-informasi-dan-fitur-google-plus.htm
http://sidomi.com/15894/fitur-google-plus-yang-mungkin-anda-tidak-tahu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar