Selasa, 16 Juni 2015

Pemimpin yang patut diteladani



Steve Jobs
Steve jobs memiliki nama panjang Steven Paul "Steve" Jobs adalah pendiri apple. Diawal berdirinya apple, steve begitu bersemangat dia juga menyemangati temannya yang bernama steve wozniak, ya mereka berdualah pendiri apple yang awalnya bermarkas di garasi rumah steve jobs. Begitu semangatnya sampai sampai steve jobs yang berpenampilan apa adanya tetapi ketika apple mengikuti acara pameran steve jobs mencukur rambut dan jenggotnya serta memakai pakaian jas rapih, padahal sebelumnya dia tidak pernah berpenampilan seperti itu.
Dalam mendirikan perusahaan apple steve jobs juga sangat berani, berani dalam mengambil keputusan salah satunya, ini tercermin pada saat steve jobs menjual mobil VW combinya untuk modal awal, padahal itu adalah mobil kesayangannya. Berani dalam menunjukkan produk ciptaannya padahal pada masa itu nama IBM adalah nama besar tetapi steve jobs tidak gentar dia tetap terus bergerak maju demi perusahaan yang dia bangun.
Meskipun steve jobs tidak memperhatikan penampilannya sendiri tetapi jika urusan produknya dia sangat teliti, di setiap bagian dari produknya tidak ada yang terlewatkan dari perhatian steve jobs. Bahkan steve jobs juga memperhatikan bagian dalam dari produk, padahal bagian dalam produk tidak akan terlihat oleh konsumen, tetapi steve jobs tetap memperhatikan bagian itu. Kemudian untuk kardus juga begitu, untuk kebanyakan orang kerdus hanya sebagai pembungkus ketika membeli lalu kemudian dibuang, tetapi bagi steve jobs kerdus lebih dari pembungkus produk. Menurut steve jobs kardus adalah hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen jadi kardus itu sangat penting, jika kardus yang dibuat bagus maka konsumen juga enggan untuk membuangnya.
Dalam memimpin perusahaan steve jobs begitu tegas, dia tidak sembarangan dalam menerima pegawai, bahkan dalam beberapa waktu steve jobs langsung yang menemui pelamar. Steve jobs memperhatikan semua divisi perusahaannya terutama untuk desain, ya steve jobs sangat menyukai desain, diantara samua divisi steve jobs menghabiskan bangat waktu pada tempat ini. Steve jobs menyukai desain yang sederhana, dia sangat ingin konsumen yang menggunakannya tidak bingung ketika menggunakan bahkan dia sangat ingin menghilangkan manual book, ini lah sebab kenapa iPhone hanya memiliki satu tombol yaitu tombol “home”.
Didalam berkeluarga, steve jobs yang kenyataanya seorang pemimpin perusahaan apple justru melarang anak-anaknya untuk bermain iPad. Steve jobs juga membebaskan anaknya dalam memilih pendidikan, anaknya tidak mengambil jurusan teknologi, tetapi mengambil kedokteran karna terinspirasi dari penyakit yang diderita ayahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar