Rabu, 04 Januari 2012

pengaruh media sosial terhadap hubungan dan interaksi sosial

Ingatkah anda bagaimana sulitnya untuk berhubungan dengan orang lain di luar kota, luar pulau, atau luar negeri 20 tahun lalu? Tarif telepon yang masih mahal atau surat yang membutuhkan waktu yang lama dalam pengiriman, membuat orang, relasi, dan keluarga yang terpisah jauh akan sangat sulit untuk dihubungi. Mereka yang sangat membutuhkan kabar sanak saudara pun hanya bias berharap agar pak pos menyampaikan surat tersebut sampai di tangan kita.

Namun perkembangan teknologi yang pesat membuat berhubungan dengan orang lain meskipun terpisah ribuan kilometer dan zona waktu yang berbeda pun menjadi semudah membalikkan telapak tangan. Ya, media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki andil besar dalam memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, apalagi sekarang teknologi computer dan laptop sudah terjangkau bagi kalangan bawah sampai atas.

Dimulai dari era Friendster dengan logo senyumannya, MySpace yang identik dengan Band – Band yang mempromosikan Band-nya. Era Facebook yang belum di kalahkan kegemparannya di kalangan remaja sampai saat ini, sampai era Twitter yang identik dengan kicauan burungnya, dan yang baru baru ini booming adalah Google Plus. media ini memicu banyak perubahan manusia dalam bersosialisasi. Ini sesuai dengan tujuan awal mengapa media sosial dibuat yaitu memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia untuk mencari teman baru, pasangan hidup, berbisnis, bahkan berpolitik.
           

Media social pasti memiliki sisi positif dan sisi negative pula. Berikut contoh dari sisi positif dari media social:

1.      Memudahkan anda dalam berinteraksi dengan orang lain.
      Jika keluarga ataupun teman anda yang sedang terpisah jauh ingin anda jumpai sangatlah mudah dengan menggunakan media social. Hanya dengan surfing internet, anda bias melepas kerinduan anda dengan orang tersebut.
      Ataupun anda yang seorang pemalu bias berkenalan dalam dunia media social tanpa canggung.Anda tidak lagi harus menghadapi ketegangan, kegugupan, dan gemetar ketika anda mendekati seorang wanita. Lewat media sosial, anda dapat mengatur langkah dan strategi anda tanpa takut terlihat seperti seekor cacing kepanasan lagi. Komunikasi lebih mudah mengalir dibandingkan saat anda berbicara langsung

2.      Memperluas pertemanan
      Media sosial membuat anda bisa memiliki banyak koneksi dan jaringan yang luas. Tentu saja itu berdampak positif jika anda ingin mendapatkan teman dan pasangan hidup dari tempat yang jauh atau negara asing.

3.      Jarak dan waktu bukan lagi masalah
      Di Era media social yang sedang booming kita dapat dengan mudah member kabar kepada orang yang sedang berada di luar negeri mungkin. Dengan mengirimkan surat elektronik (E-Mail) anda dapat surat menyurat tanpa harus menunggu terlalu lama dengan surat biasa.

4.      Lebih mudah dalam mengekspresikan diri
Media sosial memberikan sarana baru bagi manusia dalam mengekspresikan diri. Orang biasa, orang yang pemalu, atau orang yang selalu gugup mengungkapkan pendapat di depan umum akhirnya mampu menyuarakan diri mereka secara bebas
.


Ternyata media social ada dampak negative. Berikut contoh dampak negative dari media social:

1.      Menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dengan anda di kehidupan sehari-hari
Orang yang terjebak dalam media sosial memiliki kelemahan besar yaitu beresiko mengabaikan orang-orang di kehidupan sehari-harinya. Jangan heran apabila anda lebih sering menghabiskan waktu berinteraksi di dunia maya apabila anda sudah terjebak, apalagi sekarang teknologi smartphone semakin memudahkan anda untuk mengakses internet. Anda akan mulai berpikir pergaulan lewat media sosial sudah cukup. Singkatnya, yang jauh semakin dekat, yang dekat semakin jauh.
2.      Rentan terhadap pengaruh buruk orang lain
Seperti di kehidupan sehari-hari, jika anda tidak menyeleksi orang-orang yang berada dalam lingkaran sosial anda maka anda akan lebih rentan terhadap pengaruh buruk. Bahkan menurut John Cacioppo, seorang peneliti dari Universitas Chicago, media sosial bisa mempengaruhi mood anda, tergantung dengan siapa anda menghabiskan waktu dan terhadap siapa anda memberikan perhatian di media sosial.

3.       Masalah privasi
Memiliki banyak teman di media sosial tidak selalu menguntungkan, terutama apabila anda sering mengungkapkan sesuatu yang seharusnya tidak diketahui orang lain. Media sosial bisa dengan mudah memperburuk citra diri anda jika anda tidak memanfaatkannya dengan benar karena apa yang anda tulis, tautkan, dan unggah bisa dengan mudah dilihat oleh orang lain.
Pada tahun 2010 Facebook di klaim tidak melindungi informasi pengguna facebook walaupun sudah di protect profile orang tersebut. Dan banyak pula artis artis yang terkait isu tak sedap akibat menuliskan kata kata yang mungkin dianggap masyarakat tidak pantas.

Kesimpulannya adalah Media social adalah media tambahan untuk pergaulan di dunia nyata. Jangan terlalu berlebihan akan media social.

“ Media social Mendekatan orang jauh, Menjauhkan orang  dekat.”

Sumber: http://archiprimasta.blogspot.com/2011/11/pengaruh-media-sosial-terhadap-hubungan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar