Senin, 25 Juni 2012

Manusia dan harapan

PENGERTIAN HARAPAN

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supayasesuatu terjadi. 
Arti harapan adalah sesuatu yang diinginkan dapat terjadi dengandemikian harapan itu menyangkut masa depan.

SEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN

Dorongan kodrat ialah sifat atau keadaan atau pembawaan alamiah yangsudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia diciptakan Tuhan.

DORONGAN KEBUTUHAN HIDUP

Kebutuhan manusia terdiri dari :Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang kita butuhkan dalam keseharianKebutuhan Rohani:Adalah kebutuhan batin manusia yang hanya dapat dipenuhi

KEAMANAN

Setiap orang membutuhkan keamanan, karena rasa aman tidak harusdiwujudkan dengan perlindunganManusia memiliki tiga kebutuhan pokok yaitu:
a.Sandang adalah kebutuhan manusia yang berguna untuk melindungidirinya seperti pakaian, dan lainnya.
b. Pangan adalah kebutuhan manusia meliputi kebutuhan sehari-hari sepertimakan minum dan sebagainya.
c. Papan adalah kebutuhan hidup manusia untuk berlindung setiap harinya contohnya rumah.

HAK DAN KEWAJIBAN MENCINTAI DAN DICINTAI

Bila sudah pada saatnya manusia pasti ingin mengerti maksud dicintai danmencintai, biasanya ini terjadi pada anak menginjak usia remaja.

STATUS

Status adalah harga diri yang dimiliki oleh setiap orang yang telah melekat padadirinya

PERWUJUDAN CITA-CITA

Setiap manusia sesuai dengan keahliannya mewujudkan cita-citanya yang jugadapat mengembangkan bakat atau kepandaian

KEPERCAYAAN

Kepercayaan berasal dari kata percaya, yang artinya mengakui ataumeyakini akan kebenaran.Kebenaran menurut Dr.Yuyun Sumantri dalam bukunya Filsafat Ilmu :1. Teori atau teori konsistensi2. Teori korespondensi3. Teori Pramatis

BERBAGAI KEPERCAYAAN DAN USAHAMENINGKATKANNYA

Dasar dari semua ini adalah kebenaran.Kepercayaan dapat di bedakan menjadi:

Kepercayaan kepada diri sendiri

Kepercayaan kepada orang lain

Kepercayaan kepada pemerintah

Kepercayaan kepada Tuhan

manusia dengan harapan itu adalah manusia yang mempunyai tujuan hidup. Manusia itu mahkluk Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sempurna di muka bumi ini karena kesempurnaan yang dia miliki terletak pada akal dan fikiran yang berbeda dengan mahkluk lainnya. Itu sebabnya mengapa manusia sejak kecil sudah memiliki harapan karena dengan ada harapan tersebutlah manusia bisa mengetahui tujuan hidupnya tanpa harapan manusia tidak akan hidup karena dia tidak akan mengerti dengan apa yang dicari, namun bagaimana manusia itu bisa menggapai semua harapan dan impian nya, mungkin banyak berbagai cara tapi sebelumnya kita harus bisa berfikir cara yang kita lakukan itu cara yang diridhoi dengan Tuhan Yang Maha Esa atau kita menggunakan cara yang negatif atau bisa dibilang curang untuk kita menggapai impian dan harapan harapan kita.
Disini karena saya menggapai impian dan harapan saya menggunakan cara yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa, maka dari itu saya akan membahas jalan atau cara yang diridhoi olleh Tuhan Yang Maha Esa. Semua manusia bisa meraih semua harapan dan impiannya jika memang mau berusaha dengan keras serta berdoa dan memperjuangkan apa yang patut untuk diperjuangkan percayalah maka impian tersebut akan kita dapatkan. Akan tetapi itu semua harus dilandasi memang dari diri sendiri tidak bisa dari orang lain, maksudnya seperti ini saat kita ingin menggapai impian dan harapan kita hal yang pertama kita harus lakukan adalah melakukan apa itu PERUBAHAN, lakukanlah perubahan dari hal yang terkecil di diri kita sendiri.
Perubahan disini adalah perubahan dimana kita harus melakukan hal yang berbeda saat kita menjalani kehidupan yang terdahulu, mulai dengan merubah karakter kita serta sifat kita dalam menjalani hidup ini karena apa jika kita bisa merubah ataupun menjadi lebih baik dan lebih baik lagi maka percayalah pola tindakan yang kita lakukanpun ada berbeda dan akan jauh lebih baik lagi.
Jika sudah bisa merubah karakter kita menjadi karakter orang sukses atau orang yang bisa meraih semua impian dan harapan berarti kita juga sudah memantaskan diri kita untuk menerima apa yg menjadi impian dan harapan kita, percayalah maka langit adalah batas impian kita. Namun itu semua kita dapatkan tidak semudah membalikan telapak tangan karena apa, pasti dan bahkan banyak rintangan hambatan untuk kita meraih impian dan harapan kita, dan jika bisa melewati prosesnya tersebut dan tidak pantang menyerah impian dan harapan pasti ada di genggaman tangan kita.
Jika memang kita telah mendapatkan apa yang telah kita impikan dan harapkan janganlah kita tinggi hati dan lupa diri untuk bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan selalu ingat untuk memberi kepada sesama yang mungkin kekurangan hidupnya karena semua yang ada di dunia ini hanya MilikNya dan akan kembali padaNya. Ini lah opini saya mengenai Manusia dan harapannya semoga bermanfaat bagi seluruh umat manusia di dunia. Terima Kasih


Sumber: http://www.scribd.com/doc/55463147/Manusia-Dan-Harapan 
http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/06/02/manusia-dan-harapan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar