Senin, 10 November 2014

Sejarah Blackberry Messenger

Seiring meredupnya nama BlackBerry di pasar gadget Internasional, masih banyak pengguna BlackBerry yang tidak mengetahui asal-usul atau sejarah lahirnya salah satu platform yang sempat membuat nama RIM atau yang sekarang telah berganti nama sesuai smartphone andalannya, BlackBerry, menjadi populer di seluruh dunia. BlackBerry Messenger merupakan program pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer dikalangan pengguna perangkat telepon genggam.

Pada saat awal dirilis, BlackBerry dengan aplikasi andalannya ini memberi kesan eksklusif tersendiri bagi para penggunanya. Karena aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh sesama pengguna BlackBerry. Dan penghubung antar sesama pengguna ini yaitu adanya nomor PIN yang dimiliki oleh masing-masing pemilik smartphone BlackBerry. Tapi kesan eksklusif mungkin tidak lama lagi akan hilang dari ponsel yang telah digunakan oleh kurang lebih 60 juta pengguna di seluruh dunia seiring rencana BlackBerry untuk menghadirkan aplikasi ini untuk platform yang bisa dibilang saingannya di pasar gadget atau pasar ponsel. Ini dikarenakan pengguna platform Android dan iOS saat ini dapat menggunakannya di ponsel mereka.

Bagi para pengguna yang masih setia menggunakan ponsel BlackBerry apakah Anda pernah berpikir siapakah orang dibalik kesuksesan BlackBerry Messenger?

eorang jenius yang menjadi dalang dari kesuksesan BlackBerry dengan paltform terbaiknya BlackBerry Messenger (BBM) yaitu seorang pria lulusan University of Waterloo jurusan Geologi, Gary Klassen. Sebelum bekerja untuk RIM, Gary merupakan seorang lulusan Geologi yang pada saat itu juga belajar teknologi informasi.

Pada saat mengutarakan ide untuk membuat sebuah aplikasi pesan instan sesama platform untuk BlackBerry ini, Garry mengatakan bahwa tidak semua orang di RIM yang setuju dengan idenya ini. Banyak yang tak percaya idenya ini bakal menjadi luar biasa seperti sekarang ini. Namun pada akhirnya dirinya sukses meyakinkan petinggi RIM untuk mempercayakan proyek BBM ini kepada dirinya.

Proyek BlackBerry Messenger (BBM) dimulai pada 2005 yang beranggotakan salah satu pelajar dari Mississauga yang pada saat itu melakukan eksperimen aplikasi instant messaging ciptaannya sendiri lalu mengirimkannya ke RIM (Research In Motion) dan akhirnya ia direkrut oleh Gary.

Pada awalnya tim Gary Klassen mengalami beberapa kegagalan dan kesalahan. Selain itu tekanan yang dirasakan semakin bertambah karena harus bersaing dengan proyek aplikasi serupa seperti MSN dan AOL Instant Messenger yang pada saat itu tengah naik daun. Namun dari beberapa kegagalan dan kesalahan itu mereka dapat menghasilkan inovasi baru yang lebih penting.

Pada saat itu, indikator huruf "D" dan "R" yang menandakan pesan telah terkirim (D) dan telah dibaca (R) oleh penerima pesan merupakan salah satu yang diperdebatkan oleh Gary Klassen dan timnya yang ternyata pada saat ini indikator tersebut menjadi salah satu bagian terpenting di aplikasi BlackBerry Messenger.

Dan akhirnya sampai saat ini pengguna BlackBerry dan aplikasi andalannya BlackBerry Messenger telah mencapai kesuksesan dengan 60 juta penggunanya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dan dari tim yang awalnya cuma beranggotakan beberapa orang saja, kini tim BBM telah menjadi tim besar yang sampai saat ini masih menjadi andalan untuk BlackBerry. Bahkan tim yang ditugaskan untuk OS terbaru BlackBerry, OS 10 (BB 10) merupakan gabungan dari orang-orang yang berasal dari negara-negara berbeda.

Sumber: http://www.uptekno.com/2013/09/sejarah-lahirnya-blackberry-messenger.html

1 komentar: